Format Liga Champions 2009-2010

Bagi Anda penggemar sepakbola, khususnya sepakbola Eropa, pasti tahu dengan Liga Champions Eropa atau UEFA Champions League. Kompetisi dengan rentang waktu cukup lama, hampir 11 bulan, dimulai dengan Babak Kualifikasi pada bulan Juli dan Agustus, dan berakhir dengan Babak Final pada bulan Mei tahun berikutnya.

Liga Champions Eropa sudah beberapa kali mengalami perubahan, mulai dari nama kompetisi, jumlah peserta yang ikut, sampai pada format kompetisi tersebut. Dan ternyata, Liga Champions 2008/2009 merupakan edisi terakhir dari format pertandingan yang selama ini digunakan, mungkin sejak tahun 2003/2004.

Mulai kompetisi tahun 2009/2010, Liga Champions akan menggunakan format baru, walaupun perubahannya hanya pada awal (Kualifikasi) dan akhir (Final) kompetisi, sedangkan yang lainnya, Babak Grup sampai Semifinal, sama persis dengan format yang saat ini digunakan. Lalu, apa saja perubahan pada format baru tersebut?

Yang baru dari format kompetisi mulai tahun 2009/2010 dan seterusnya adalah waktu/hari dilaksanakannya Babak Final. Tradisi Final pada Rabu malam akan pindah ke Sabtu malam. Yang juga baru adalah sistem Kualifikasi untuk masuk Babak Grup, yang dibagi menjadi 2 jalan/kelompok dengan melalui 3 Kualifikasi dan Play-off. Juga adanya penambahan jumlah team yang langsung masuk Babak Grup, dari 16 menjadi 22 team.

Kualifikasi kelompok Champions Path, dimulai oleh 6 team Juara Liga dari negara peringkat 48-53, yaitu Babak Kualifikasi 1. Pemenangnya, tentu saja 3 team, akan bergabung dengan 31 team Juara Liga dari negara peringkat 16-47 (kecuali Liechtenstein), ini disebut Kualifikasi 2. Dan lagi, pemenang dari Kualifikasi 2 ada 17 team, akan bergabung dengan 3 team Juara Liga dari negara peringkat 13-15, ini disebut Kualifikasi 3. Yang kalah di Kualifikasi 3 ini, 10 team, akan terlempar ke Babak Play-off UEFA Europa League (UEFA Cup), dan pemenang Kualifikasi 3 ini, 10 team akan maju ke Babak Play-off Champions League untuk mendapatkan 5 ticket ke Babak Grup Champions League. Yang kalah di Play-off Champions League, 5 team akan terlempar ke Babak Grup UEFA Europa League (UEFA Cup).

Kualifikasi kelompok The Best Placed Path, dimulai oleh 9 team Runner-up Liga dari negara peringkat 7-15, plus 1 team Peringkat 3 Liga dari negara peringkat 6. Ini adalah langsung babak Kualifikasi 3 Champions League, 5 team yang kalah di Kualifikasi 3 ini, akan terlempar ke Babak Play-off UEFA Europa League (UEFA Cup), sedangkan 5 team yang menang di Kualifikasi 3 ini, akan bergabung bersama 2 team Peringkat 3 Liga dari negara peringkat 4-5, plus 3 team Peringkat 4 Liga dari negara peringkat 1-3, ini adalah Babak Play-off Champions League, 5 team yang menang mendapatkan ticket ke Babak Grup Champions League, sementara 5 team yang kalah harus puas terlempar ke Babak Grup UEFA Europa League (UEFA Cup).

Semua pertandingan di Babak Kualifikasi 1, Kualifikasi 2, Kualifikasi 3, dan Play-off UEFA Champions League, menggunakan sistem Home-Away. Sepuluh team yang mendapatkan ticket ke Babak Grup, 5 team dari kelompok Champions Path, dan 5 team dari Kelompok The Best Placed Path, akan bergabung dengan 22 team yang otomatis lolos ke Babak Grup Champions League. Kemudian 32 team ini dibagi menjadi 8 Grup, dimana tiap Grup terdapat 4 team. Pada Babak Grup ini, berlaku sistem kompetisi penuh, tiap team di Grup saling bertemu, juga dengan sistem Home-Away.

Team yang lolos otomatis ke Babak Grup yaitu 22 team, berasal dari Juara Bertahan, 12 team Juara Liga dari negara peringkat 1-12, 6 team Runner-up Liga dari negara peringkat 1-6, dan 3 team Peringkat 3 Liga dari negara peringkat 1-3. Demikianlah perubahan/yang baru dari format UEFA Champions League mulai musim 2009/2010 dan seterusnya

Sumber : http://www.uefa.com/competitions/ucl/format/newsid=788373.html